Turn down service adalah pelayanan yang diberikan
oleh bagian housekeeping untuk membuka bed
cover, merapikan tempat tidur (membuka sheet), mengganti towel yang
basah dan guest supplies yang sudah terpakai oleh tamu yang dilakukan oleh room
attendant diwaktu sore hari antara jam 18.00 – 20.00 WIB. Pada beberapa hotel turn down service sering disebut
dengan istilah open bed.
Open bed berbeda dengan make up room, pada saat open bed hanya dibutuhkan waktu
kira-kira 5-6 menit setiap kamarnya, sementara kegiatan open bed room attendant
harus mengerjakan sekitar 30 - 40 kamar.
Untuk perlengkapan turn
down service biasanya dilengkapi dengan door knop menu, coklat atau permen, guest commant, bunga anggrek. Standard set up turn down service
berbeda-beda antara hotel satu dengan hotel lainnya.Ada beberapa hotel yang
meletakkan laundry bag, laundry list atau dry cleaning list, dan pen diatas bed
yang telah di open bed atau pada luggage rack, hal ini dimaksudkan agar tamu
tidak lupa untuk melaundrykan pakaiannya keesokan harinya.
B.
Langkah-Langkah Open Bed
Untuk melaksanakan tugas turn down
service ini seorang room attendant harus mempersiapkan beberapa hal,
diantaranya adalah kunci kamar dan perlengkapan tamu seperlunya. Adapun langkah-langkah dalam
melaksanakan turn down service adalah sebagai berikut:
1. Tekan bel atau
ketuk pintu tiga kali sambil menyebutkan identitas section.
2. Apabila tidak
ada jawaban, buka pintu secara perlahan-lahan, karena kemungkinan tamu tidak
mendengar karena berada di kamar mandi atau sedang tidur.
3. Nyalakan lampu seperlunya.
4. Bed cober dibuka.
5. Kemudian bed cover dilipat menjadi
dua atau tiga lipatan, dari bagian head atau atas ke bawah atau bagian kaki. Untuk mendapatkan
lipatan yang baik bed cover dilipat sekali lagi dan disimpam pada almari rak
paling atas. Penyimpanan dan pelipatan yang baik akam mempermudah pemasangan
dikemudian hari.
6. Ujung sheet dan
blanket dibuka dan tarikke arah kaki sehingga membentuk segitiga.
a.
Membuka twin bed yang ditempati dua
orang tamu.
- bedcover pada kedua bed dibuka.
- setiap sisi bed lipatan sheet diatur
berhadapan kea rah bedside table.
b.
Membuka twin bed yang ditempati dua
orang tamu.
- bed cover dibuka.
- sheet dan
blanket dibuka dan dilipat menghadap side table.
7. Menempatkan
door knop menu dan turn down coklat diatas lipatan sheet. Ada beberapa hotel
yang yang mengganti coklat atau permen dengan bunga anggrek.
8. Membersihkan sampah dan ashtry.
9. Membersihkan
kamar mandi jika perlu dan mengganti towel yang sudah basah.
10. Pintu ditutup
kembali dan pastikan pintu kamar benar-benar sudah terkunci.
11. Apabila tamu
berada didalam kamar, jangan lupa untuk berpamitan kemudian buat work sheet
tentang jam masuk dan keluar berikut item yang diganti pada kamar tersebut.
Adapun
cara melipat bed cover yang dilakukan pada saat turn down service adalah
sebagai berikut:
a. Bed cover dengan titik A,D,I,J
bagian ini adalah bagian bawah (kaki) yang menjurai kea rah lantai.
b. Ambil ujung AD
dan lipat kea rah titik EH, sehingga titik A,B,C,D bertemu dengan titik
E,F,G,H.
c. Posisi bed cover tinggal K,L,I,J.
d. Ambil ujung KL
kemudian lipat kearah titik EH, sehingga KL bertemu dengan titik E,F,G,H.
e. Posisi bed cover tinggal M,N,I,J.
f. Lipat ke
tengah, ujung yang menjurai ke lantai atau bagian bawah yaitu titik I,J.
g. Ambil ujung I,J
dan lipat kebagian tengah, kemudian lipatsekali lagi.
h. Lipatan ini
cukup ringkas dan bisa disimpan pada wardrobe rak paling atas atau diatas
luggage rack jika tidak untuk meneruh barang bawaan tamu.
Blanket
dan sheet:
1. Lipat sheet
ketiga blanket, sheet kedua secara bersamaaan dengan membentuk sudut segitiga.
2. Biasanya yang
dilipat adalah yang paling dekat dengan bedside table atau yang dekat dengan
telepon.
3. Jika kamar
tersebut berisi dua orang tamu maka posisi lipatan saling berhadapan atau
mengahdap bedside table untuk jenis twin bed, jika double bed yang dilipat
adalah bagian sebelah kanan dan sebelah kiri sisi matrass.
4. Apabila kamar
tersebut hanya diisi oleh satu orang tamu maka yang diopen bed cukup satu saja.
5. Setelah sheet
tersebut dilipat, letakkanlah door knop menu diatas lipatan sheet terebut atau
bunga anggrek dan door knop menu.
Hal-hal
yang harus diperhatikan pada saat melakukan turn down service:
1. Tutuplah night curtain.
2. Nyalakan lampu seperlunya.
3. Buanglah sampah pada tempanya.
4. Jika ada gelas
yang kotor cucilah.
5. Rapikan pakaian
tamu yang berada diatas bed, lipatlah atau digantung di wardrobe, rapikan
barang-barang yang ada diatas bed.
6. Jangan
pindahkana berkas atau dokumen yang berada diatas meja.
7. Ganti semua
towel yang sudah basah.
8. Ganti dan lengkapi bathroom supplies
jika tidak lengkap.
9. Tutup pintu dan
pastikan bahwa pintu sudah benar-benar terkunci.
10. Catat jam masuk
dan jam keluar darikamar beserta items yang diganti pada work sheet.
C. Permintaan Tambahan Guest Supplies Saat Turn Down
Service
Prosedurnya
adalah sebagai berikut :
a) Permintaan
tambahan guest supplies di catat dalam OT log book: jam order, no kamar, jenis
permintaan, pemberi order, keterangan.
b) Permintaan
tambahan guest supplies segera disampaikan ke petugas kamar melalui telephone
atau alat komunikasi yang lain.
c) Petugas
kamar (room attendant) akan mengantar guest supplies yang diminta oleh tamu
d) Tambahan
guest supplies dicatat dalam room atendant work sheet.
D. Tugas dan Tanggung Jawab Turn Down Service
Tidak
jauh beda dengan room attendant daily
service, room attendant evening
service juga membersihkan kamar tamu seperti room attendant daily service. Tapi bedanya, itu mereka kerjakan
rentan waktu jam 13.00pm sampai waktu break
16.00pm. Tugas mereka yaitu meng-cover
kamar-kamar sisa yeng tidak terbagi pada room
assignment pagi. Biasanya masing-maing team mendapat 3 sampai 4 villa,
tergantung kondisi di lapangan pada saat itu. Adapun tugas-tugas dari room attendant evening service dapat
penulis sebutkan sebagai berikut :
- Hadir di housekeeping office dengan uniform yang telah ditetapkan
jam 13.00 kurang 10 menit.
- Selanjutnya sama dengan apa
yang dikerjakan room attendat
daily service.
- Setelah selesai istirahat
selama 1 jam, pada jam 17.00 pm room
attendant evening service kembali bertugas.
- Room
attendant evening service kembali ke housekeeping
untuk mengambil turn down
assignment, village key,
dan beberapa surat-surat pemberitahuan yang akan diberikan kepada tamu,
seperti : fogging news, SPA confirmation,
guest comment, dan
lain-lainnya. Untuk turn down
assignment biasanya team yang terdiri dari 2 orang
mendapat jatah 20 villa, dan 3 orang mendapat jatah 26 villa
- Setelah itu, mereka menuju pantry masing-masing untuk
melakukan preparing.
- Dalam melakukan preparing terdapat beberapa amenities dan linen yang perlu ditambah untuk turndown service, yaitu turndown card, bunga, obat
nyamuk bakar, D n D card,
dan foot mat. Sedangkan
alat-alat yang tidak perlu dibawa sperti mop, broom, loby duster, chemical & bucket, dan mop bucket.
- Setelah selesai melakukan preparing, room attendant berangkat menuju
ke villa tamu.
- Setelah berada di depan villa
tamu, room attendant diwajibkan untuk mengecek D n D light sebelum membunyikan bel di villa.
- Setelah mengetahui bahwa D n D light dinonaktifkan,
barulah membunyikan bel sebanyak 3 kali dengan jeda 10 detik dan
mengucapkan greeting “Good
evening, turn down service please” sebelum masuk ke villa tamu.
- Setelah mendapat izin dari tamu
atau tamu tidak sedang berada di villa, barulah room attendant memulai membersihkan villa tamu.
- Sebelum mulai bekerja, room attendant diharuskan
mengisi time in pada villa
di turn down assigmnet dan
memasang tanda “Villa is being on
Service” pada pintu depan villa.
- Room
attendant
A bertugas untuk menghidupkan lampu di bathroom, membersihkan bathroom, me-replace
kembali linen bathroom dan bathroom amenities.
- Room
attendant
B bertugas untuk menghidupkan lampu di dinning pavilion dan bedroom,
memasang obat nyamuk bakar dan membersihkan dinning pavilion, merapikan kembali bedroom, melipat duvet,
memasang turndown card,
bunga, surat, dan foot mat.
- Setelah keduanya selesai, room attendant A mengecek
kembali amenities yang
kurang .
- Setelah semuanya selesai, room attendant kembali mengisi time out pada turn down assignment.
- Setelah itu, kembali
mengucapkan greeting “ Have a
nice evening” kepada tamu dan melepas kembali tanda “Villa is being on Service”.
- Berikut seterusnya sampai semua
villa selesai dikerjakan dan kembali lagi ke pantry.
- Jika sampai jam 21.20 pm masih
terdapat villa yang D n D, room
attendant melaporkan atau menelepon ke Guest Service untuk late message.
- Setelah itu, room attendant A membersihkan
pantry dan room attendant B
menghitung dan mengakumulasi Sales
Recapitulation Mini Bar hari ini dan mempersiapkan Sales Recapitulation Mini Bar untuk
besok.
- Setelah jam 22.00 pm, room attendant memberikan turndown assignment, Sales Recapitulation Mini Bar
hari ini, dan village key
kepada village chief/asst.
village chief.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thanks for visit our simple blog.