Pada umumnya, Housekeeping
Department hanya bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian ruangan
yang ada di hotel. Namun, saat ini pelayanan housekeeping tidak terbatas
memberikan layanan kebersihan saja, melainkan lebih ditingkatkan pada layanan
terbaik yang dapat diberikan kepada tamu hotel. Dengan demikian, tamu merasa
lebih dekat dan merasa memiliki hotel tersebut. Staff Housekeeping saat ini
lebih disebut sebagai Butler Service
Attendant. Butler service attendant adalah karyawan hotel yang mampu
memberikan sejumlah layanan kepada tamu baik di Front Office, Housekeeping
maupun Food and Beverage Department.
Petugas yang memberikan layanan butler harus merupakan pribadi yang kompeten dan professional. Hal
ini dikarenakan tipe dan karakter manusia yang beraneka ragam berdasarkan
fungsi psikis. Tamu hotel dibagi kedalam 3 kelompok, yaitu sebagai berikut.
1.
Tipe Extrovert (Terbuka)
Ciri – ciri tipe ini yatu sebagai berikut.
a.
Lebih mementingkan
lingkungannya daripada diri sendiri
b.
Lebih mengutamakan
kepentingan umum
c.
Berhati terbuka
d.
Gembira
e.
Ramah
f.
Lancer dalam pergaulan
g.
Memancarkan sikap hangat,
sehingga cepat mendapat banyak kawan
2.
Tipe Introvert (Tertutup)
Ciri – ciri tipe ini yaitu :
a.
Lebih mementingkan diri
sendiri
b.
Dirinya adalah primer,
sedangkan lingkungan adalah sekunder
c.
Pendiam
d.
Egoistis
e.
Suka merenung
f.
Suka mengasingkan diri
g.
Tidak senang bergaul
3.
Tipe Bitrovert (Gabungan
dari sifat Extrovert dan Introvert)
Tujuan Pemberian Layanan butler untuk tamu, adalah sebagai
berikut.
1.
Memberikan layanan yang
lebih kepada tamu hotel.
2.
Membentuk citra hotel
terhadap layanan hotel.
3.
Membuat tamu merasa seperti
dirumah sendiri.
4.
Menciptakan keunikan
tersendiri
5.
Membuat tamu merasa puas.
A.
Tugas dan Tanggung Jawab Butler Service Attendant
Adapun Tugas dan Tanggung Jawab Butler Service adalah sebagai berikut.
1.
Front Office Department
a.
Membantu
tamu untuk melakukan pemesanan kamar untuk kedatangan berikutnya
b.
Bertanggung jawab untuk membuka pintu kamar
apabila bellman akan menyampaikan kiriman tetapi tamu yang dimaksud tidak ada
di kamar. Dalam hal ini butler menjadi
saksi bahwa kiriman untuk tamu tersebut telah diletakkan di meja tamu dan
kemudian mencatatnya di log book
c.
Memberikan
informasi kepada concierge kalau ada tamu yang
d.
Membawa
seseorang masuk ke kamarnya padahal nama orang itu tidak terdaftar di hotel
e.
Memberikan
informasi kepada concierge bila kunci kamar tidak dapat dipergunakan atau tidak
berfungsi.
f.
Membantu
bellman mengantar pesan, telex, facsimile dan surat.
2. Food and Beverage Department
a.
Bertanggung
jawab memonitor minibar untuk layanan tamu VIP dalam hal mempersiapkan champagne, wine,
dan sebagainya.
b.
Keranjang
buah, peralatan gelas, pisau dan lain-lain harus diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan
sedap dipandang mata.
c.
Membantu
room service dalam hal menawarkan makanan dan minuman bagi tamu yang menginginkan.
3.Housekeeping Department
a.
Melaporkan
ke Housekeeping office atau room boy apabila melihat kamar yang kotor
b.
Melaporkan
ke Housekeeping office bila ada kamar yang sudah check-out
c.
Butler
Service harus membuat laporan kepada Housekeeping office agar dibuatkan work order
seandainya ada kamar yang rusak.
d.
Membantu
melakukan open bed apabila diperlukan.
B. Jenis Layanan Housekeeping
Telah diketahui bahwa layanan housekeeping yang diberikan hotel
dikelompokan menjadi dua yaitu yang ditangani oleh order taker dan personal
butler. Secara rinci layanan keduanya akan dibahas sebagai berikut.
1.
Layanan
yang ditangani oleh order taker
Layanan yang ditangani oleh order taker meliputi kegiatan umum yang
terjadi di hotel. Kadang, tamu yang menginap belum mengenal hotel sehingga
belum mengetahui bagian – bagian lain di hotel, kecuali kantor depan atau housekeeping. Apabila tamu menginginkan
sesuatu, mereka selalu mengubungi bagian tersebut untuk di follow up. Bila tamu menghubungi kantor
depan maka petugas kantor depan mencatat keinginan tamu tersebut dan
melanjutkannya ke order taker untuk ditindak lanjuti.
Layanan yang diberikan oleh order taker yaitu sebagai berikut.
a.
Layanan
peminjaman barang seperti setrika dengan papannya atau peralatan Shalat.
1.
Memilih dan
memeriksa barang yang akan dipinjam tamu dan pastikan dalam keadaan baik
2.
Catat jenis
barang, jumlah nomer kamar, serta tanggal peminjaman pada formulir peminjaman
barang hotel.
3.
Kirim
barang yang dipinjam ke kamar tamu. Bantu dan tata barang tersebut dan
sampaikan cara penggunaannya.
4.
Minta tamu
untuk menandatangani formulir peminjaman barang dan berikan yang asli kepada
tamu serta rangkap lainnya kepada Front Office dan Housekeeping.
5.
Untuk
permintaan guest supplies, dicatat
pada log book.
b.
Layanan Pembersihan
Kamar.
Prosedurnya sebagai berikut.
1.
Periksa
pada room boy trolley cart. Bila tamu
menginginkan pembersihan kamar, check status kamar tersebut.
2.
Segara
tindak lanjuti bila tamu ada di kamar atau tidak
3.
Ketuk pintu
dan sebutkan identitas
4.
Tunggu
sampai pintu dibuka bila ada tamu di dalam kamar. Buka dengan kunci duplikat (duplicate key) bila tamu tidak ada di
kamar.
5.
Lakukan
pembersihan kamar seperti pada umumnya sesuai SOP Hotel
6.
Lakukan
pengecekan akhir
7.
Semprotkan
penyegar ruangan
8.
Ucapkan
selamat beristirahat dan tutup pintu, bila tamu ada di kamar.
c.
Layanan
Permintaan Extra Bed atau Baby cot.
Prosedurnya sebagai berikut.
1.
Setelah
menerima informasi kamar yang dibutuhkan
ekxtra bed/baby coat. Segera
siapkan barang tersebut dan pilih keadaan bersih dan baik.
2.
Letakan extra bed / baby coat pada tempat yang
aman dan tidak menggangu tamu untuk bergerak leluasa.
3.
Pasang
seprai dan linen tempat tidur lainnya, sama seperti linen pada bed utama.
4.
Tambahkan
perlengkapan kamar tamu lainnya, misalnya towel atau guest supplies.
5.
Ucapkan
selamat beristirahat dan tutup pintu kamar.
d.
Layanan
Penggantian Linen Kamar.
Prosedurnya sebagai berikut.
1.
Siapkan
linen yang akan diganti dan pastikan kamar yang dituju benar
2.
Pastikan
kembali bahwa linen yang akan diganti sudah benar, misalnya Pillow case.
3.
Ganti linen
dengan cara menarik linen kotor dan memasang yang bersih.
4.
Tata
kembali bantal pada tempatnya.
5.
Periksa
juga keadaan kamar lainnya bila ada linen yang basah segera ganti linen
tersebut, misalnya towel.
e.
Layanan
kerusakan di kamar.
Prosedurnya sebagai berikut.
1.
Setelah
menerima informasi tentang kerusakan kamar, maka petugas maintenance atau Engineering akan
melakukan perbaikan peralatan tersebut.
2.
Pastikan
kamar yang akan diperbaiki benar.
3.
Lakukan
perbaikan segara bila tamu menginginkannya.
4.
Lakukan
perbaikan pada saat tamu tidak ada di kamar.
5.
Sampaikan
lama waktu yang akan diperlukan untuk menyelesaikannya.
6.
Bila sudah
sesuai dan dapat diperbaiki, segera buat laporan perbaikan tersebut.
7.
Tutup pintu
dan periksa kelengkapan alat jangan sampai ada yang tertinggal.
f.
Layanan
Perpindahan kamar
Prosedurnya sebagai berikut.
1.
Layanan
perpindahan kamar, order taker berkoordinasi dengan Front Office.
2.
Front
Office menanyakan alasan perpindahan kamar dan memeriksa ketersediaan kamar
yang ada pada periode tersebut.
3.
Bila ada,
segera pindahkan tamu tersebut pada kamar baru.
4.
Pindahkan
segera atau pada saat tamu sedang keluar.
5.
Pindahkan
semua barang – barang bawaan tamu tanpa terkecuali.
6.
Lakukan
penataan posisi barang sesuai tempat semula pada kamar pertama.
7.
Periksa
ulang jangan sampai ada barang yang tertinggal atau terjatuh.
8.
Tutup pintu
dan laporkan bahwa tamu sudah dipindahkan ke kamar lain.
Selain tugas – tugas diatas, pada suatu hotel ada
Personal Butler yang khusus menangani
tamu khusus seperti tamu VIP. Adapun tugas dari Personal Butler adalah :
a.
Tugas Personal Butler pada saat kedatangan
tamu, yaitu sebagai berikut.
1.
Memastikan
kamar yang dipesan telah tersedia.
2.
Menyapa
tamu pada saat tiba di hotel.
3.
Melakukan
pendaftaran tamu tiba di kamar.
4.
Menangani
barang – barang yang tidak dikemas.
5.
Menyuguhkan
minuman selamat datang.
6.
Menawarkan
produk – produk complimentary hotel (free facilities).
7.
Mencatat
pesanan khusus tamu pada saat kedatangan.
b.
Tugas Personal Butler pada saat tamu menginap
di hotel, yaitu sebagai berikut.
1.
Mengambil
dan membawa pesanan room service tamu.
2.
Menangani
cucian tamu.
3.
Memberikan
layanan housekeeping lebih baik.
4.
Menyiapkan
mandi busa bagi tamu.
5.
Merapikan
lemari pakaian.
6.
Memastikan
bahwa kamar tamu diperbaiki dengan sempurna.
7.
Memeriksa
dan melengkapi kembali snack bar di
kamar tamu.
c.
Tugas Personal Butler pada saat tamu pergi,
yaitu sebagai berikut.
1.
Menawarkan
jasa pengepakan barang tamu.
2.
Menyelesaikan
pembayaran tamu.
3.
Menyediakan
transportasi tamu pada saat berangkat.
4.
Mengkoordinasikan
pengangkatan barang tamu.
5.
Mengantar
tamu ke lobby.
6.
Memeriksa
ulang bila ada barang tamu yang tertinggal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thanks for visit our simple blog.